- CARA LOGIN KE SISTEM MMBC
1. Buka URL / Alamat web ini pada Broser anda : http://pesawat.pw
2. Masukkan Username dan Password
3. Jika Username dan Password sudah di isi -> kemudian klik LOGIN
Anda bisa melakukan semua transaksi melalui sistem, sesuai pilihan yang telah tertera pada tampilan homepage
- CARA MELIHAT PROFILE MMBC ANDA
1. Pilih menu Administration -> My Profile
2. Maka akan muncul data / profile
Catatan: * Anda bisa mengubah data anda pada My Profile
A. Ada 2 cara dalam pengisian deposit:
1. Melalui rekening sistem / virtual account dengan a/n MMBC, yang terdapat pada my profile. Setiap agen akan mempunyai virtual account yang berbeda-beda, karena angka di belakangnya sama dengan kode agen. Selain OBC NISP tambahkan kode Bank (028) dan terkana cash
2. Melalui TOP UP OTOMATIS (untuk Mandiri, BCA, BNI dan BRI)
Caranya pilih menu top up otomatis
3. Pilih transaksi yang anda inginkan. Top Up Otomatis via Mandiri ke Mandiri, BCA ke BCA atau BRI ke BRI
4. Contoh kita menggunakan Top Up Otomatis via Mandiri ke Mandiri, pilih link mandiri
5. Maka akan muncul tulisan seperti di bawah ini, lalu klik No, belum transfer
6. Isi form dibawah secara lengkap dan benar, kemudian pilih KLIK DISINI UNTUK DI PROSES
7. Setelah muncul kalimat perintah seperti gambar di bawah ini, lakukanlah pengiriman sesuai dengan jumlah dan tujuan pengiriman yang di perintahkan. Pengiriman dapat di lakukan melalui ATM / M-BANKING / SMS BANKING / INTERNET BANKING (jangan lupa masukkan 3 angka cantik di belakang sesuai permintaan sistem)
Catatan:
* Batas waktu transfer hanya 30 menit, jika lebih dari 30 menit maka harus mengulangi pengisian form Top Up kembali
1. Pilih link transaksi PPOB
2. Pilih pembayaran yang di inginkan, contoh pilih PLN Pra Bayar (Voucher PLN)
3. Pilih nominal yang diinginkan, contoh pilih voucher PLN(50.000)
4. Masukkan nomor pelanggan / No meteran listrik, No Hp pelanggan, Login ID/Username dan password agen. Jangan lupa chek list -> kemudian klik BAYAR TAGIHAN
5. Tunggu proses loading
6. Jika berhasil akan muncul tampilan seperti dibawah
Catatan: * No invoice dan Nomor meter digunakan pada saat cetak struk
- CARA MENCETAK STRUK HASIL PPOB
1. Pilih menu struk, kemudian isi nomor invoice dan nomor pelanggan
Catatan : * nomor invoice keluar pada saat transaksi telah selesai di proses
2. Unuk mengcopy No invoice masuk ke menu bill payment -> blok nomor invoice -> klik kanan -> copy/salin
3. Kembali ke menu cetak struk -> klik kanan pada nomor invoice -> pilih pasta/tempel
4. Untuk mengcopy nomor pelanggan pilih menu bill payment => klik kanan pada nomor meter => pilih copy/salin
5. Kembali ke menu cetak struk => klik kanan pada nomor pelanggan => pilih pasta/tempel
6. Kemudian pilih cetak struk
7. Maka akan muncul seperti tampilan di bawah, kemudian klik PRINT NOW
8. kemudian tinggal cetak
- CARA TRANSAKSI PULSA ELEKTRIK
1. Pilih link PULSA ELEKTRIK
2. Pilih provider, contoh kita klik provider Indosat
3. Plih nominal, contoh yang di pilih 10.000
4. Isi no tujuan, login id dan password kemudian checklist
5. Jika berhasil maka akan tampil seperti di bawah
Catatan: * No invoice dan Nomor Tujuan di gunakan pada saat cek status
- CARA MELIHAT STATUS TRANSAKSI PULSA ELEKTRIK
1. Pilih menu cek status, kemudian isi nomor invoice dan nomor pelanggan
2. Untuk mengcopy no invoice masuk ke menu reload pulsa => blok nomor invoice => klik kanan => copy / salin
3. Kembali ke menu cetak status => klik kanan pada nomor invoice => pilih paste / tempel
4. Untuk mengcopy nomor tujuan pilih menu reload pulsa => klik kanan pada nomor tujuan => pilih copy / salin
5. Kembali ke menu cetak status => klik kanan pada nomor tujuan => pilih paste / tempel
6. kemudian pilih cek status
7. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah
- CARA BOOKING TIKET PESAWAT
1. Pilih menu Pesawat
2. Pilih keberangkatan
3. Pilih tujuan
4. Pilih Tanggal Keberangkatan
5. Klik CARI TIKET
6. Pilih penerbangan yang diinginkan
7. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah
8. isi data, lalu klik BOOKING NOW
Catatan: Nomor Telpon dan Email contact detail adalah nomor dan email anda sebagai agen
9. Tunggu loading
10. Jika berhasil akan tampil seperti di bawah ini
11. Untuk Meng-ISSUED atau melihat hasil booking pilih menu Agent => ticketing queue => pilih airlines
12. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah => kemudian centang data yang ingin dilihat => lalu pilih select
13. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah
14. Untuk membatalkan bookingan, klik Cancel ITIN
15. Untuk melihat deposit yang kita bayarkan, klik Show NTA
16. Untuk meng-issued tiket, pilih Ticket Now => kemudian klik oke
17. Masukkan password untuk konfirmasi Peng-issued tan => Kemudian klik oke
Catatan :
* Apabila transaksi booking sudah di issued maka tidak dapat dicancel / dibatalkan
* Transaksi yang sudah di issued hanya bisa di refund
18 Untuk mencetak struk pilih invoice
19. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah
23. Menu transfer untuk mengirim kode booking pada agen, pilih menu transfer ® kemudian pilih oke
24. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian isi user id agen yang dituju dan masukkan password anda
- CARA BOOKING DENGAN MELIHAT SEAT, CEK JADWAL, CEK HARGA, DAN PP
1. Pilih menu agen ® booking => lalu pilih airlines
2. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah
3. pilih keberangkatan
4. Pilih Tanggal keberangkatan
5. Pilih tujuan
1. Pilih tujuan kembali (PP)
1. Pilih tanggal kembali
1. Klik tanda + pada lion air : return
1. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah
1. Pilih seat sesuai yang di inginkan kemudian centang
1. Arah mouse kebawah, maka akan terdapat tampilan seperti di bawah
1. Isi data ® kemudian klik booking
Catatan :
* Nomor telpon dan email contact detail adalah nomor dan email anda sebagai agen
1. Tunggu loading
1. Jika selesai maka akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian klik oke
1. Kemudian klik booking kode
1. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah
1. Untuk membatalkan bookingan, klik cancel ITIN
1. Untuk melihat deposit yang kita bayarkan, klik Show NTA
1. Untuk meng-issued tiket, pilih Ticket Now ® kemudian klik oke
1. Masukkan password untuk konfirmasi Peng-issued tan ® Kemudian klik oke
Catatan :
· Apabila transaksi booking sudah di issued maka tidak dapat dicancel / dibatalkan
* Transaksi yang sudah di issued hanya bisa di refund
1. Untuk mencetak struk pilih invoice
1. Maka akan muncul tampilan di bawah
23. Untuk menambahkan administrasi, ubah nominal pada fare information yang sebelah kiri. Maka secara otomatis nominal yang sebelah kanan akan berubah
1. Menu transfer untuk mengirim kode booking pada agen
*adapun penulisan kalimat pada kolom transaksi, sesuaikanlah dengan format penulisan di nomor yang akan kita lakukan
Adapun untuk format reschedule / refund / booking group silakan klik link nya, kemudian isi data sesuai di kolomnya
A. CARA PEMBELIAN TIKET KERETA
1. Pilih menu Kereta api
2. Pilih asal keberangkatan
3. Pilih tujuan
4. Pilih tanggal keberangkatan
5. Klik cari tiket
6. Maka akan muncul tampilan jadwal seperti dibawah, kemudian klik pesan pada jadwal yang diinginkan
Catatan :
* Setelah kita klik pesan maka tinggal mengisi data pelanggan
A. RESERVASI HOTEL
1. Pilih menu Hotel
2. Ketik hotel yang di cari
3. Pilih tanggal chek in
4. Tentukan lama menginap
5. Tentukan jumlah kamar
6. Klik cari hotel dan mohon tunggu sedang proses
7. Muncul hasil pencarian dan klik pesan
8. Isi data pelanggan, No agen, email agen, username dan password agen, kemudian klik issued
A. TRANSAKSI MANUAL
1. Pilih menu transaksi manual
2. Tulislah username dan password anda
3. Isilah kolom paling bawah dengan email agen, No. Telp agen, dan isilah kolom transaksi dengan fomat penulisan sesuai dengan di No. transaksi yang akan di lakukan, setelah itu klik Kirim
Format Transaksi
- Format Reschedule ( Ganti Jadwal Penerbangan) silakan akses https://www.klikmbc.co.id/reschedule
2. Refund( cancel / dibatalkan ) silakan akes https://www.klikmbc.co.id/refund
3. Booking Group (minimal 10 penumpang), Hanya bisa digunakan oleh agen yang memiliki Deposit minimal 5juta, Silakan akses https://www.klikmbc.co.id/bookinggroup
4. Penarikan Saldo (Penarikan Saldo minimal Rp. 100.000)
Saldo Akhir Anda // Agen Code // Login ID // Bank Tujuan // No Rek // Nama pemilik rekening tujuan // Jumlah yang ingin di transfer
Note:
* Dikenakan biaya Rp. 3.000/penarikan ke rekening Co Branding MMBC-OCBC NISP
* Dikenakan biaya Rp. 7.500/penarikan ke Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI)
* Hanya dilayani pada jam Kerja (07.00 WIB - 17.00 WIB)
* Proses penarikan max H+1 ( Hari ini di ajukan, paling lambat di cairkan ke esokan harinya )
5. TOP-UP Manual (Jika kendala dalam Top Up)
Top Up // Agen Code // Login ID // Nama rekening pengirim // Nama Bank // Jumlah Transfer // Nama Bank Tujuan // Tanggal Transfer
Note:
* Biaya 5.000/TOP-UP
* GRATIS jika melakukan TOP-UP Otomatis ( BCA ke BCA, Mandiri ke Mandiri, BRI ke BRI, BNI ke BNI, OCBC ke OCBC )
6. Penambahan ID Booking (Hanya Bisa untuk Booking. Untuk Print Tiket, Issued bisa melalui ID Master)
ID Booking // Agen Code // Login ID (Biaya Rp 100.000/ID Booking)
7. Komplain / Konsultasi / Saran
Agen Code // Login ID // teks bebas ( tuliskan secara detail dan rinci masalah anda/saran)
8. Issued Susi Air
Saldo Akhir // Agent Code // Login ID // Issued // Susi Air // Kode Booking // Nama Pemumpang // Payment Code // Harga
A. CARA MELIHAT SEMUA TRANSAKSI
1. Klik report, kemudian klik user cash flow
2. Isi user dengan username agen, kemudian ubah tanggal yang akan kita lihat transaksinya kemudian klik OK
A. CARA MENGUBAH DATA MENJADI FILE DOCUMENT
Klik file kemudian export to (ms. Word / ms. Excel)
A. CARA LOGOUT / KELUAR DARI SISTEM
Pada saat berada pada menu utama / tampilan home page tidak boleh kita back ( ) / kita close dengan menggunakan tanda silang (X) di pojok kanan paling atas.
Jika hal ini kita lakukan maka sistem akan terkunci otomatis dan untuk masuk ke sistem kembali harus menunggu minimal sampai 15menit.
Begitu juga jika sistem tidak kita gunakan untuk melakukan transaksi/ kita diamkan minimal 15 menit, maka sistem akan terkunci secara otomatis atau biasa dengan peringatan SESSION TIME OUT. Jika seperti ini,maka yang harus kita lakukan adalah logout terlebih dahulu dan lakukanlah log in dari awal.
Klik log out (posisinya di pojok kanan atas pada tampilan homepage/ pada FILE bertuliskan log out)
Layanan TOS adalah layanan transaksi apapun di sistem MMBC dengan menggunakan SMS, layanan ini hanya support SMS, tidak support Call/Telepon. Untuk bisa menggunakan layananTOS (Transaksi Online SMS) maka No HP anda harus terdaftar terlebih dahulu,
Untuk berlangganan Transaksi Online SMS (TOS):
Ketik: reg // email // login ID // password
Berlangganan dikenakan biaya Rp 4.990 sekali bayar untuk selamanya
Untuk berhenti berlangganan Transaksi Online SMS (TOS):
ketik: unreg
DAFTAR NOMOR SMS CENTER TOS kirim ke (pilih salah satu):
0821-8888-1550 (TELKOMSEL - PRIORITAS),
0822-1337-0001 (TELKOMSEL),
0822-1337-0002 (TELKOMSEL),
0822-1337-0003 (TELKOMSEL),
0822-1337-0004 (TELKOMSEL),
0822-1337-0005 (TELKOMSEL),
0822-1337-0006 (TELKOMSEL),
0822-1337-0007 (TELKOMSEL),
0822-1337-0008 (TELKOMSEL),
0857-7777-8505 (INDOSAT),
0857-7777-3212 (INDOSAT)
Note: SMS akan dijawab oleh Mesin secara Otomatis, bukan oleh admin, HANYA SMS YANG SESUAI FORMAT yang akan direply (NO CALL). Kami lebih menganjurkan anda menggunakan operator TELKOMSEL karena sinyal bagus dan kecepatan reply SMS.
DAFTAR FORMAT TRANSAKSI ONLINE SMS (TOS):
1. Mendaftarkan Agen Baru melalui SMS
ketik: register // nama // nama travel // alamat email agen baru
2. Mendaftarkan HP pelanggan
ketik: reg // Nomor HP Customer // Email Customer
3. Cek harga Tiket Termurah
ketik: murah // route // tgl-bln-thn
Contoh: murah // jakarta-surabaya // 31-11-2014
4. Cek harga Tiket berdasarkan Maskapai
ketik: nama maskapai // route // tgl-bln-thn
Contoh: lion // jakarta-surabaya // 31-11-2014
5. Booking
ketik: Booking // Flight no // Rute // tgl-bln-thn // Nama penumpang
Contoh: Booking // SJ-268 // CGK-SUB // 05-11-2014 // Mr. Awalludin
* setelah title (Mr. atau Mrs.) spasi Nama penumpang
Jika nama penumpang lebih dari satu maka beri tanda : (titik dua) sebagai pemisah antar nama penumpang,
Contoh: Booking // SJ-268 // CGK-SUB // 05-11-2014 // Mr. Awalludin : Mrs. Yuliana Wati Sitomorang
Note: Booking lewat SMS hanya berlaku hanya untuk rute Domestik saja dan hanya bagi penumpang dewasa, tidak bisa untuk rute transit.
6. Issued Tiket Pesawat *
ketik: issued // kode booking // login ID // password
* pastikan login ID anda tidak dalam keadaan login
7. Kirim Etiket Pesawat
ketik: etiket // kode booking // alamat email tujuan
Contoh: etiket // XXXXXX // it-mmbc@klikmbc.co.id
8. TOPUP OTOMATIS
ketik: topup // Mandiri // nominal top up // pemilik rekening pengirim
ketik: topup // BCA // nominal top up // pemilik rekening pengirim
ketik: topup // BRI // nominal top up // pemilik rekening pengirim
ketik: topup // BNI // nominal top up // pemilik rekening pengirim
Contoh: topup // mandiri // 100000 // zulkarnaini
9. Transaksi manual
ketik: konsultasi // isi pesan
10. Melihat sisa saldo anda di sistem MMBC Airline
ketik: cek saldo
11. PPOB
- bayar // PLN // nomor pelanggan
- tagihan // PLN // nomor pelanggan
- bayar // PLN Pra Bayar // nomor pelanggan // Nominal
contoh: bayar // PLN Pra Bayar // 123456789 // 20000
- tagihan // SPEEDY // nomor pelanggan
- bayar // SPEEDY // nomor pelanggan
- tagihan // TELKOM // nomor pelanggan
- bayar // TELKOM // nomor pelanggan
- tagihan // TELKOMVISION // nomor pelanggan
- bayar // TELKOMVISION // nomor pelanggan
- tagihan // INDOVISION // nomor pelanggan
- bayar // INDOVISION // nomor pelanggan
- tagihan // OKEVISION // nomor pelanggan
- bayar // OKEVISION // nomor pelanggan
- tagihan // TOPTV // nomor pelanggan
- bayar // TOPTV // nomor pelanggan
- tagihan // ADIRA // nomor pelanggan
- bayar // ADIRA // nomor pelanggan
- tagihan // FIF // nomor pelanggan
- bayar // FIF // nomor pelanggan
- tagihan // BAF // nomor pelanggan
- bayar // BAF // nomor pelanggan
- tagihan // MCF // nomor pelanggan
- bayar // MCF // nomor pelanggan
- tagihan // MAF // nomor pelanggan
- bayar // MAF // nomor pelanggan
- tagihan // PDAM LAMPUNG // nomor pelanggan
- bayar // PDAM LAMPUNG // nomor pelanggan
- tagihan // PDAM JAMBI // nomor pelanggan
- bayar // PDAM JAMBI // nomor pelanggan
- tagihan // PDAM PALEMBANG // nomor pelanggan
- bayar // PDAM PALEMBANG // nomor pelanggan
- tagihan // PDAM KAB BANDUNG // nomor pelanggan
- bayar // PDAM KAB BANDUNG // nomor pelanggan
- tagihan // PDAM KOTA BANDUNG // nomor pelanggan
- bayar // PDAM KOTA BANDUNG // nomor pelanggan
- tagihan // PDAM AETRA // nomor pelanggan
- bayar // PDAM AETRA // nomor pelanggan
- tagihan // PDAM PALYJA // nomor pelanggan
- bayar // PDAM PALYJA // nomor pelanggan
Cara Cetak STRUK PEMBAYARAN PPOB via SMS:
ketik: cetak struk // nomor invoioce // nomor pelanggan
contoh: cetak struk // 1111111 // 10113011666
Tabel Daftar Harga PPOB buat Agen: http://klikmbc.co.id/tabelppob
12. Penarikan Saldo
ketik: tarik // jumlah
Note:
* Dikenakan biaya Rp. 3.000/penarikan
* Hanya dilayani pada jam Kerja (07.00-21.30)
* Penarikan hanya bisa ke rekening Co Branding MMBC-OCBC NISP
13. Pulsa
Cara Isi Pulsa:
TELKOMSEL // nominal // nomor tujuan
INDOSAT // nominal // nomor tujuan
XL // nominal // nomor tujuan
FLEXI // nominal // nomor tujuan
ESIA // nominal // nomor tujuan
TRI // nominal // nomor tujuan
AXIS // nominal // nomor tujuan
SMARTFREN // nominal // nomor tujuan
BOLT // nominal // nomor tujuan
BIZNET // nominal // nomor tujuan
Contoh: TELKOMSEL // 10000 // 081211111111
Cara Isi Paket Data:
Paket Data TELKOMSEL:
paket data // DSN10 // nomor tujuan
paket data // DSN20 // nomor tujuan
paket data // DSN25 // nomor tujuan
paket data // DSN50 // nomor tujuan
paket data // DSN100 // nomor tujuan
Contoh: paket data // DSN10 // 081211111111
Info Paket Data Telkomsel:
DSN10 = Quota 70MB/7 Hari
DSN20 = Quota 220MB/7 Hari
DSN25 = Quota 360MB/Bulan
DSN50 = Quota 1GB/Bulan
DSN100 = Quota 3,2GB/Bulan
Last update: 1 Juli 2015
Paket Data INDOSAT:
paket data // IDT39 // nomor tujuan
paket data // IDT49 // nomor tujuan
paket data // IDT99 // nomor tujuan
paket data // IDT9GB // nomor tujuan
paket data // IDT18GB // nomor tujuan
Contoh: paket data // IDT39 // 085711111111
Info Paket Data INDOSAT:
IDT39 = IM3 Quota 8GB/Bulan
IDT49 = IM3 Quota 11GB/Bulan
IDT99 = IM3 Quota 13 GB/Bulan
IDT9GB = IM3 Quota 9GB/6 Bulan
IDT18GB = IM3 Quota 18GB/12 Bulan
Cara cek status transaksi pulsa/paket data (SUKSES / PENDING / GAGAL):
ketik: cek pulsa // nomor invoice // nomor tujuan
Contoh: cek pulsa // TRX12312 // 0812111111
Tabel Daftar Harga Pulsa, Paket Data dan Nominal yang tersedia:http://klikmbc.co.id/tabelpulsa
14. DONASI MMBC PEDULI
ketik: donasi // nama donatur // nominal
Contoh: donasi // NN // 100000
|
TRANSAKSI BERHASIL
P. HAL – HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN
A. ISSUED TICKET
1. Pastikan data penumpang benar ( nama, gender, jumlah penumpang, tanggal, route keberangkatan, termasuk anda harus memperhatikan dalam penulisannya )
· Contoh-Contoh penulisan Nama penumpang di system MMBC Airline saat Booking.
2. Penulisan Nama tidak boleh menggunakan spasi (akan memudahkan Anda jika mengecek di website Airlinenya langsung)
- Mr Hendro ( satu suku kata)
Title // First Name // Surname
Mr // Hendro // Hendro
- Mrs Yuli Dewita ( dua suku kata)
Title // First Name // Surname
Mrs // Yuli // Dewita
- Ms Dewi Kurniati Ananda ( tiga suku kata)
Title // First Name // Surname
Ms // Dewi // KurniatiAnanda
atau
Title // First Name // Surname
Ms // DewiKurniati // Ananda
- Kolom Identify tetap -1 , jangan dirubah
3. Pastikan penumpang sudah membayar
4. Peringatkan penumpang dengan ketentuan refund / Re-schedule
5. Kelas promo tidak bisa di refund
B. Alternatif Booking dan Issued tiket pesawat bagi Member MMBC sebagai berikut:
1. http://login.klikmbc.co.id
2. http://klikmbc.co.id/login
3. http://pesawat.pw
4. http://login.klikmbc.asia
5. https://booking.klikmbc.co.id
6. http://m.booking.klikmbc.co.id
7. https://klikmbc.co.id/sms (TOS)
8. Ganti Broser Anda Mozilla ke Chrome atau sebaliknya
9. Ganti Akses Internet Anda
10. Coba akses di perangkat lain
Silakan di simpan, Jika di Tab / Laptop / Smartphone ada kendala maka gunakan salah satu alternatif di atas untuk melakukan transaksi.
C. Sebagai Agen jangan pernah tunggu email tiket,
Anda bisa Print atau email melalui https://klikmbc.co.id/getbook/print.php dan bisa juga tidak di tampilkan harga atau merubah harga atau tampilkan harga yg sama dgn system Airline
D. Semua transaksi tiket akan tersimpan di system MMBC dan Anda bisa cek kembali semua transaksi Anda.
Cara:
1. Akses http://klikmbc.co.id/login/
2. Agents -> Booking Search
3. Ketik tanda bintang ( * ) di kolom find
4. Pilih tanggal pencarian yang di inginkan
5. dikolom options pilih show all
6. Klik tombol find
atau
1. Masuk ke system agent
2. Klik menu manage ticket
3. Klik air lines
4. Klik search
5. Tulis kode bookingnya, klik bulatan pada tulisan booking code, rubah jadwal tanggal / date anda issued kemudian klik find
Jika ada kendala dalam Transaksi, silakan segera konfirmasi di form di bawah ini. Infokan Agen code/ Login ID dan tuliskan masalah secara detail/rinci/lengkap di menu transaksi manual
(dengan mengisi Username anda serta password lalu klik LOGIN)
maka akan tampil seperti ini
Semoga Bermanfaat,